Perluas Cakrawala Masyarakat Indonesia Bersama BolehBaca

BolehBaca barangkali menjadi nama startup milik anak bangsa paling unik yang saya kenal di tahun 2019 ini. Namun sebelum kita berbincang lebih lanjut, ada baiknya kita simak bersama cerita singkat tentang saya dan buku di bawah ini.

Bagi sebagian dari kita, buku hanyalah tumpukan kertas yang tersusun rapi dan berdebu di atas rak. Bagi sebagian yang lain, buku mungkin memiliki makna yang lebih dalam daripada itu. Buku bisa menjelma menjadi kawan setia yang selalu siap menemani dikala senang dan susah datang.

Pernahkah Anda ingin membaca suatu buku tetapi tidak ingin membelinya? Sekedar ingin pinjam dan membacanya, tetapi tidak tahu harus pinjam ke siapa.

Saya pernah. Dua tahun lalu saya sangat ingin membaca buku The Selfish Gene karya Richard Dawkins. Buku ini bercerita tentang gen, unit terkecil yang membawa sifat keturunan, dengan konteks pemaknaan yang begitu dalam. Lewat buku ini juga lah istilah meme pertama kali dicetuskan untuk membedakannya dengan gene.

Bagi mahasiswa yang mendapat beberapa mata kuliah Biologi seperti saya, tentu buku ini sangat menarik. Pasalnya ia seakan menjadi sebuah antitesis terhadap buku On the Origin of Species: By Means of Natural Selection karya Charles Darwin. Kalau buku On the Origin of Species lebih banyak berbicara pada tataran teknis, maka The Selfish Gene lebih menonjolkan aspek filosofis dengan porsi teknis yang proporsional.

Perpustakaan pusat ITB sudah saya geledah untuk mencari buku ini, tetapi tak kunjung saya dapatkan. Versi ebook-nya tentu sudah lebih dulu saya dapatkan dengan mudah. Toh buku ini memang buku lawas keluaran tahun 1976. Namun tetap saja, membaca buku dengan memegang fisik bukunya secara langsung jelas memberikan sensasi tersendiri bukan?

Barulah suatu ketika saya mendengar kawan saya membicarakan buku itu di dalam kelas dan membawanya secara langsung! Ibarat sudah jauh mencari, ternyata ada di depan mata sendiri. Tentu kalau saya mengetahui informasi ini lebih awal saya tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama mencari buku di perpustakaan.

Pernahkah Anda merasakan kesenangan ketika salah seorang teman Anda ternyata memiliki buku bacaan yang begitu menarik dan Anda diperkenankan untuk meminjamnya?

Saya pernah. Sewaktu saya mengambil mata kuliah Teknik Komunikasi Ilmiah, sang dosen memberi tugas kepada kami untuk mempresentasikan satu buah buku ilmiah secara bergantian di depan kelas. Tugas ini dimaksudkan untuk melatih 2 kemampuan sekaligus, yakni membiasakan membaca buku dan membagikan hasil bacaannya dalam bentuk presentasi secara lisan.

Tentunya banyak buku menarik yang saya dapati dimiliki oleh teman-teman saya. Salah satu yang paling menarik adalah buku berjudul What If?:Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions karya Randall Munroe. Buku yang pertama kali terbit tahun 2014 ini berusaha menjawab berbagai pertanyaan yang terdengar konyol secara ilmiah dan serius.

Misalnya pertanyaan, “Bagaimana cara Anda bisa mati jika Anda terdorong naik ke atas dengan kecepatan 1 kaki per sekon? Apakah Anda akan mati karena kedinginan atau mati lemas?” Pertanyaan tersebut rupanya dijawab oleh Randall Munroe dengan teori aerodinamika. Uniknya penjelasan tersebut dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang begitu menarik sehingga memudahkan pembaca awam untuk dapat memahami teori yang dibahas tuntas di kelas Sarjana Teknik Penerbangan tersebut.

Selain buku di atas, masih banyak lagi buku menarik yang sempat saya dapati dimiliki oleh orang-orang terdekat di sekitar saya. Bumi Manusia, The Subtle Art of Not Giving A F*ck, War and Peace, dan Membumikan Harapan adalah sederetan diantaranya. Sangat jelas bahwa mengetahui koleksi buku yang boleh dipinjam dari kawan terdekat adalah kenikmatan tersendiri yang sulit ditawar dengan bentuk kenikmatan lainnya.

Beruntung kini sudah hadir sebuah startup bernama BolehBaca yang siap menjawab kebutuhan tersebut. Hanya dengan membayar 25 ribu rupiah setiap bulannya, Anda bisa meminjam ribuan buku dari berbagai kolektor buku di Indonesia. Lebih murah dari secangkir kopi!

Mau Pinjam Buku? Di BolehBaca Saja!

BolehBaca hendak mempertemukan para pecinta buku dengan koleksi yang berbeda-beda untuk saling berbagi bahan bacaan yang mereka miliki. Berbekal prinsip dasar kepercayaan, BolehBaca menawarkan kemudahan yang selama ini banyak dicari orang. Tanpa perlu menanyai kawan satu-persatu, kita bisa mengetahui koleksi buku yang dimiliki orang-orang dan tersedia untuk dipinjamkan. Semua dapat diakses lewat satu portal dengan nama yang sederhana namun mudah diingat: BolehBaca.

Untuk dapat meminjam buku di BolehBaca, Anda cukup berlangganan dengan terlebih dahulu mendaftar dan mengisi informasi dasar yang diperlukan. Data pribadi yang Anda setorkan ini tentu dijamin keamanannya lewat Kebijakan Privasi yang BolehBaca miliki. Jika data Anda sudah lengkap, maka Anda bisa mulai berlangganan dan memilih paket langganan yang Anda inginkan.

BolehBaca menawarkan 2 paket langganan, yakni Reguler dan Premium. Perbedaan jelas kedua paket tersebut dapat Anda lihat pada tabel di bawah.

PaketRegulerPremium
Biaya langgananRp12.000,- per bulanRp25.000,- per bulan
Buku yang dapat dipinjamSeharga Rp100.000,- ke bawahSeharga Rp100.000,- ke atas
Keaslian buku yang dipinjam100% asli100% asli
Opsi pengiriman bukuAmbil ke rumah owner, jasa pihak ketiga, free delivery khusus kota MalangAmbil ke rumah owner, jasa pihak ketiga, free delivery khusus kota Malang
Uang jaminan (dapat diambil kembali jika sudah tidak meminjam)Rp50.000,-Rp100.000,-
Fee yang didapat oleh pemilik buku (owner)Rp9.000, per satu bulan peminjaman untuk satu buku Rp18.000,- per satu bulan peminjaman untuk satu buku

Selain dapat meminjamkan buku, para pemilik buku di BolehBaca juga dapat menjualkan koleksi bukunya secara gratis tanpa commission fee. Dengan pengunjung yang sudah mencapai ribuan orang di setiap bulannya, jelas BolehBaca sudah menjelma menjadi suatu marketplace tersendiri dengan target audiens yang sangat spesifik. Hal ini tentu dapat mendorong proses jual beli dan pinjam-meminjam buku yang jauh lebih efektif daripada platformplatform lainnya.

Satu Portal Beragam Produk!

Startup yang berbasis di kota Malang ini juga sudah mulai mengembangkan bisnisnya dengan menciptakan produk-produk lain seperti BolehTerjemah, BolehBelajar, BolehBeasiswa dan BolehReferensi. Masing-masing memiliki keunikan layanan tersendiri yang tak kalah menarik untuk dicicipi.

BolehTerjemah merupakan platform penyedia layanan penerjemahan (translation) dan penyuntingan (proofreading) untuk berbagai jenis kebutuhan dokumen Anda. Mulai dari artikel, buku, proposal penelitian, jurnal, abstrak, skripsi, hingga tesis dan disertasi bisa diterjemahkan dan disunting dengan kualitas tinggi disini. Anda juga bisa menjadi bagian dari translator yang mengambil pesanan-pesanan tersebut dan mendapatkan pemasukan tambahan dari BolehTerjemah lho!

Sementara itu BolehBelajar menawarkan layanan les privat untuk kelas TK, SD, SMP, SMA dan layanan les privat umum seperti les bahasa, les TOEFL, serta les komputer dan IT. Dengan biaya yang jauh lebih murah daripada les yang sudah punya banyak cabang di luar sana, BolehBelajar siap mengirimkan para pengajar berkualitas langsung ke rumah Anda. Lagi-lagi Anda juga dapat menjadi bagian dari pengajar lewat portal ini dan ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa.

Lain BolehBelajar, lain lagi BolehBeasiswa. Platform yang satu ini menawarkan layanan persiapan aplikasi beasiswa baik untuk ke dalam dan ke luar negeri. Bersama para mentor terbaik, Anda akan dibimbing mulai dari proses penyiapan dokumen, proses pemilihan beasiswa, hingga kursus persiapan tes IELTS, TOEFL IBT dan TOEFL ITP yang umum menjadi syarat dasar untuk berbagai beasiswa.

Adapun BolehReferensi merupakan platform yang dapat membantu Anda mencari dan menemukan berbagai referensi untuk kebutuhan pembuatan naskah akademik maupun non-akademik. Sampai saat ini BolehReferensi masih terus disempurnakan. Namun jika dilihat dari bentukan dasarnya saja, jelas platform yang satu ini setidaknya akan sangat membantu ribuan akademisi yang ada di luar sana.

Khusus bagi Anda pengunjung blog ini, Anda bisa mendapatkan peluang potongan harga jika Anda memesan paket di BolehBelajar dan BolehBeasiswa! Cukup masukkan kode referral ARIEFBLG011 dalam formulir pemesanan di masing-masing platform. Anda juga bisa menyimpan kode ini atau menyimpan laman ini (bookmark)jika hendak melakukan pemesanan di lain waktu.

Yang saya sukai dari BolehBaca, selain layanannya yang efisien dan terjangkau, adalah tersedianya fasilitas event berupa Bedah Buku rutin yang diselenggarakan di Boba Library, kantor pusat BolehBaca. Startup edutech yang satu ini juga memiliki akun Instagram yang terbilang aktif dengan konten postingan yang menarik, padat informasi dan selalu fresh. Seakan-akan BolehBaca ingin menjadi satu dari sebagian kecil oase di media sosial kita yang semakin toksik akhir-akhir ini.

Ayo berpindah halaman dan temukan bahan bacaan di BolehBaca. Ayo rapikan lagi buku-buku yang ada di rak itu. Pinjamkan dan bagikan isinya kepada orang-orang di sekitar Anda agar cakrawala kita semakin lebar dibuatnya. Jangan malas membaca buku, karena tidak ada orang besar yang lahir tanpa pernah ditemani buku.

Leave a Reply

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
%d bloggers like this: