Printer Handal dalam Kacamata Seorang Mahasiswa

printer handal Brother printers

Sebagai seorang mahasiswa, tempat fotocopy merupakan salah satu tempat yang paling sering saya kunjungi. Betapa tidak? Ada saja keperluan untuk menge-print tugas kuliah, meng-copy catatan atau sekedar membeli alat tulis. Apalagi setelah memasuki semester ke-6 ini. Setiap pekan selalu ada laporan yang harus saya kumpulkan. Satu laporannya pun bisa mencapai 50 halaman!

Mulanya saya juga tidak pernah menghitung-hitung biaya yang saya keluarkan setiap kali menge-print. Tapi kok lama-lama rasanya banyak ya? Akhirnya saya mulai mencoba mengkalkulasi biaya print yang saya keluarkan setiap bulannya.

Anggaplah dalam seminggu saya menge-print 50 halaman dengan biaya perlembarnya Rp400,-

Maka dalam seminggu saya bisa menghabiskan Rp400,- x 50 = Rp20.000,-

Dan dalam sebulan saya bisa menghabiskan Rp20.000,- x 4 = Rp80.000,-

Wow! Itu baru biaya untuk menge-print dan belum termasuk biaya menjilid laporan, mem-fotocopy, membeli alat tulis, dan sebagainya. Pantas saja saya merasa uang untuk makan sehari-hari semakin berkurang. Delapan puluh ribu rupiah itu, untuk mahasiswa rantau seperti saya bisa untuk makan 3 hari lho!

Lantas saya bertanya dalam hati, “apakah cuman saya yang suka malas menghitung biaya nge-print?”

Alih-alih bertanya kepada teman-teman sesama mahasiswa, saya memilih untuk mencari informasi tersebut di internet layaknya generasi milenial kebanyakan. Toh informasi yang didapat bisa lebih cepat dan bisa saya validasi kembali bukan?

Maka betapa terkejutnya saya ketika mendapati bahwa 90% perusahaan juga malas menghitung biaya pencetakan dokumen. Padahal biaya pencetakan dokumen di perusahaan bisa mencapai 5-15% dari keuntungan tahunan yang berhasil mereka dapatkan. Kalau sudah begini, malas menghitung biaya nge-print bisa jadi masalah besar kan?

“Kalau begitu, mulai sekarang aku harus bisa menghemat biaya nge-print. Malah kalau bisa punya printer sendiri di kostan!” ujarku dalam hati. Apalagi mulai semester depan aku sudah harus menyelesaikan laporan Kerja Praktik dan menyusun skripsi. Sudah pasti biaya untuk nge-print akan semakin bengkak lagi. Tapi masalahnya, printer mana yang harus kupilih?

 

Choosing Printer Based on My Own Research

Kalau saya langsung bertanya ke toko printer, belum tentu saya akan ditawarkan printer yang paling handal. Bisa saja saya ditawarkan produk dengan penjualan terbaik, tetapi belum tentu itu printer yang paling cocok dengan yang saya butuhkan. Kalau saya bertanya ke teman-teman saya, belum tentu juga mereka bisa memberikan jawaban yang memuaskan. Mungkin akan muncul beberapa rekomendasi, tetapi seringkali tidak seutuh yang saya harapkan. Oleh karena itu saya putuskan untuk (lagi-lagi) mencari informasi ini di internet. Makin milenial deh saya, hehe.

Situs pertama yang saya tuju adalah pcmag.com. Majalah komputer asal Amerika yang sudah terbit sejak tahun 1982 itu memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Ulasan-ulasannya selalu jujur dan tidak melebih-lebihkan. Kalau ada cacatnya, PCmag akan menyampaikannya dengan sejelas mungkin agar pembaca tidak buta mata dengan produk yang sedang ditarget.

Brother printer award

Brother Printer as The Winner of PCMAG Reader’s Choice Awards 2017 (pcmag.com)

Uniknya terdapat artikel mengenai penghargaan printer pilihan pembaca tahun 2017 dan pemenangnya adalah printer Brother! Kemenangan printer Brother bahkan bisa dibilang cukup mutlak karena Brother berhasil menduduki peringkat pertama untuk sebagian besar indikator penilaian yang diberikan. Sebagai contoh printer Brother mendapatkan nilai 8.8 (dari skala 10) pada indikator kemudahan pemasangan dan 8.9 untuk indikator tingkat kepercayaan terhadap konsistensi (reliabilitas). Nilai ini merupakan yang tertinggi diantara semua merk printer yang diikutsertakan kedalam survei.

Printer Brother juga menduduki peringkat pertama dalam indikator kepuasan konsumen akan biaya konsumsi seperti pembelian tinta dan toner dengan rating 6.4. Ini berarti harga tinta dan toner milik Brother termasuk yang paling murah jika dibandingkan dengan merk printer yang lain! Kalau harga tintanya saja lebih murah, berarti biaya untuk nge-print pun bisa jadi semakin hemat kan?

Tetapi printer Brother menduduki peringkat kedua pada indikator bantuan teknis dengan rating 6.8. Ini berarti printer Brother memang belum 100% sempurna. Maka dari itu saya juga perlu mencari ulasan pembanding dari situs lain agar penilaian saya terhadap printer-printer ini semakin komprehensif.

Brother printer best printer

Printer Brother Raih Penghargaan di CNET (cnet.com)

Saya pun kembali membuka google dan memasukkan kata kunci “best printers 2018”. Hasil pencarian teratas membawa saya ke situs lifewire.com dan lagi-lagi printer Brother mendapatkan anugerah sebagai printer terbaik secara keseluruhan! Seri MFC-J985DW XL didapuk sebagai printer dengan biaya rendah dan mampu menghemat penggunaan tinta pada pencetakan dokumen bervolume tinggi. Biaya rata-rata yang dihabiskan untuk mencetak 1 lembar hitam putih hanya sebesar 1 sen (sekitar 137 rupiah) untuk print hitam putih dan untuk 1 lembar berwarna (full page) sebesar 5 sen (sekitar 680 rupiah). Biaya ini tentu sudah jauh lebih murah dibandingkan biaya print rata-rata di tempat fotocopy yang sebesar 400 rupiah per halaman untuk setiap print hitam putih atau berwarna sedikit.

Uniknya situs-situs lain juga memberikan penilaian yang mirip-mirip. Sebut saja misalnya tomsguide.com yang menyatakan printer Brother MFC-J985DW sebagai Best for High-Volume Printing dan Brother MFC-J5620DW sebagai Best Large-Format All-in-One. Atau contoh lainnya situs CNET yang menganugerahi printer Brother MFC-J470DW sebagai Best $100 Multifunction Inkjet dan Brother HL-L2360DW sebagai Best Compact Monolaser. Maka jadilah saya menjatuhkan pilihan pada printer Brother.

Printer handal best printer 2018

Printer Brother Raih Penghargaan dari Tom’s Guide (tomsguide.com)

Tetapi masalah belum selesai sampai disini. Dari sekian banyak jenis printer merk Brother yang tersedia, printer manakah yang harus saya pilih? Haruskah saya membeli printer dengan fitur paling komplit? Atau yang terpenting printer tersebut sekedar bisa dipakai untuk print dan copy saja? Atau mungkin yang terpenting adalah sesuai dengan budget seorang mahasiswa? Hehe

 

Step-by-step Memilih Printer Brother yang Sesuai Kebutuhan

Memilih printer merk Brother yang sesuai dengan kebutuhan kita memang gampang-gampang susah. Gampang karena situs resmi Brother sudah dilengkapi dengan fitur pencarian printer step-by-step yang amat rapi. Susah karena printer yang bagus banyak, Hehe.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah membuka situs resmi printer Brother di www.brother.co.id. Pada homepage tersebut kamu akan langsung dihadapkan pada 2 pilihan yakni untuk pribadi atau untuk bisnis. Cukup pilih sesuai yang kamu inginkan dan kamu akan segera diarahkan ke laman pencarian printer.

Tips memilih printer handal

Tampilan Muka Situs Resmi Printer Brother

Keunggulan pencarian printer handal di situs resmi Brother ini ialah kamu akan dipandu untuk menemukan printer yang benar-benar kamu butuhkan. Kamu bisa menentukan apakah printer yang kamu inginkan hanya untuk sekedar mencetak atau bisa sekaligus meng-copy. Kamu juga bisa menentukan apakah printer kamu khusus untuk mencetak dokumen dalam hitam putih atau berwarna sekaligus menentukan apakah koneksinya hanya via USB atau bisa menggunakan WiFi dan Ethernet. Secara otomatis, situs Brother akan menampilkan printer sesuai kriteria yang kamu inginkan.

“Lho kok printer yang saya inginkan di kategori pribadi tidak tersedia?”

Nah berarti kamu bisa menemukan printer tersebut pada kategori bisnis! Pasalnya kategori bisnis bukan berarti peruntukkannya hanya untuk lingkup yang lebih luas seperti perusahaan. Kategori bisnis berarti printer tersebut profitable alias menguntungkan dari sisi bisnis. Lagipula, kalau bisa sekalian buka jasa nge-print buat mahasiswa sejurusan, kenapa tidak? Hehe

Berikutnya kamu bisa mulai memilih-milih printer mana yang kamu inginkan. Ada 2 fitur penting yang bisa kamu manfaatkan disini. Pertama, filter produk. Lewat fitur ini kamu bisa memfilter printer apa saja yang boleh muncul dalam hasil pencarian sesuai kriteria yang kamu inginkan. Kriteria yang ada juga sudah sangat spesifik lho! Misalnya printer dengan harga dibawah Rp 3 juta, printer bertipe inkjet, printer dengan kemampuan mencetak 2.500 halaman per bulan, dst.

Tips memilih printer

Step-by-step Memilih Printer Brother di Situs Resmi brother.co.id

Adapun fitur yang kedua adalah fitur “Bandingkan Printer”. Cukup klik tombol “Bandingkan” pada beberapa produk yang kamu taksir dan kamu akan diarahkan menuju laman perbandingan dari printer-printer tersebut. Pada laman tersebut kamu akan diperlihatkan parameter-parameter spesifik yang membedakan printer-printer yang sudah kamu pilih, seperti dimensi printer, konektivitas, ukuran kertas maksimum, kapasitas tinta, dsb. Fitur yang sangat praktis ini tentu dapat menghemat waktu yang kamu gunakan untuk mencari satu persatu ulasan di internet terkait printer handal yang kamu inginkan.

Saya sendiri akhirnya naksir dengan 2 buah printer, yakni DCP-T310 dan MFC-T810W. Tertarik untuk membantu saya dalam memutuskan? 😀

 

DCP-T310: Printer Berkapasitas Jumbo yang Super Efisien

Hal yang paling mencolok dari DCP-T310 adalah kemampuannya untuk mencetak dokumen dalam volume yang sangat besar. Setidaknya kamu membutuhkan 6.500 lembar untuk menghabiskan seluruh tinta hitam dan 5.000 lembar untuk menghabiskan tinta berwarna yang ada didalam tangki tinta. Untuk mahasiswa seperti saya, segitu tentu lebih dari cukup untuk 2 semester kuliah! Hehe

Inktank printer yang satu ini juga memiliki sistem pengisian tinta yang sangat sederhana. Cukup buka tutup tangki tinta yang tersedia dan kamu bisa langsung menuangkan tinta dari botolnya seperti ketika mengisi spidol. Cara ini tentu jauh lebih mudah ketimbang pengisian tinta pada printer “zaman old” yang harus melepas cartridge, membuka labelnya dan kemudian menyuntikkan tintanya dengan penyuntik. Belum lagi kalau tintanya meluber kemana-mana dan mengotori bagian dalam printer. Waktu pengisian tinta jadi selalu lama karena harus turut membersihkan tinta yang berceceran bukan?

brother dcp-t310

Spesifikasi Printer Brother DCP-T310

DCP-T310 juga dilengkapi dengan panel navigasi yang efisien. Tombolnya memang sedikit lebih banyak daripada printer kebanyakan, tetapi pengoperasiannya sangat mudah dan sederhana. Printer handal yang satu ini juga mampu mencetak dokumen dalam berbagai ukuran, mulai dari A4, A5, A6, letter, kertas foto ukuran L dan 2L, serta amplop.

Printer yang baru dirilis pada tahun 2018 ini juga mampu digunakan untuk keperluan scan dan copy dokumen. Kualitas hasil cetaknya pun tidak perlu diragukan sebab resolusinya dapat mencapai 1.200 x 1.600 dpi dengan kecepatan hingga 12/10 ipm. Yang terpenting kita tetap menggunakan tinta BT-D60 untuk warna hitam dan BT-5000 untuk berbagai warna sesuai standar dari DCP-T310. Pokoknya kalau printer ini sudah ada di kostan mahasiswa, saya jamin dia tidak akan pergi ke tempat fotokopi kalau bukan untuk membeli alat tulis! Hehe

 

MFC-T810W: Printer Serba Bisa dengan Konektivitas Tanpa Batas

Pada dasarnya MFC-T810W adalah printer DCP-T310 yang sudah lebih dikembangkan lagi. Performansinya utamanya memang tetap sama, yakni mampu mencetak dengan kecepatan 12/10 ipm dengan resolusi cetak berwarna maksimal sebesar 1.200 x 6.000 dpi. Kapasitas cetaknya juga dapat mencapai 6.500 lembar hitam putih dan 5.000 lembar berwarna. Tetapi yang menjadi keunggulan dari MFC-T810W ialah dari segi konektvitasnya.

brother MFC-T810W

Spesifikasi Printer Brother MFC-T810W

Kebanyakan printer baru bisa dijalankan apabila terhubung dengan laptop melalui sebuah kabel USB. Padahal belum tentu kita selalu bekerja dengan laptop didekat tempat printer. Belum lagi kalau port USB-nya telah digunakan untuk keperluan lain seperti untuk mouse, kabel LAN, flash disk, atau adaptor kipas laptop. Kalau printer bisa terhubung lewat jaringan nirkabel, tentu akan sangat praktis toh?

Fitur itulah yang dimiliki oleh MFC-T810W. Ia tidak sekedar menjadi printer handal tetapi juga printer dengan konektivitas tanpa batas. MFC-T810W dilengkapi dengan adaptor WiFi dan jaringan Ethernet sehingga kamu bisa melakukan print/scan/copy hanya dengan menghubungkan laptopmu dengan printer tersebut. Bahkan kamu bisa mencetak dokumen langsung dari smartphone asalkan smartphone milikmu sudah terpasang aplikasi pengolah dokumen yang cukup lengkap.

 

Jadi, saya pilih yang mana?

Sampai saat ini terus terang saya masih cukup galau untuk memilih diantara Brother DCP-T310 dengan Brother MFC-T810W. Perbedaan besarnya memang hanya terletak pada fitur konektivitas, tetapi buat saya fitur tersebut memang cukup vital dalam menunjang kebutuhan saya yang akan semakin beragam kedepannya.

Soal harga, keduanya memang terpaut cukup jauh. DCP-T310 dibanderol pada kisaran Rp 2.390.000,- sementara MFC-T810W hampir dihargai dua kali lipatnya dengan kisaran Rp 4.590.000,-. Tetapi buat saya perbedaan tersebut tidaklah begitu signifikan. Pasalnya dengan fitur konektivitas yang ia miliki, MFC-T810W tentu dapat digunakan oleh banyak user secara bersamaan bukan? Lantas kalau teman-teman di kostan saya ingin udunan untuk membeli MFC-T810W, jadinya akan jauh lebih murah bukan? Hehehe

Jadi mari kita lihat beberapa minggu lagi. Apakah teman-teman di kostan saya cukup tertarik dengan penawaran saya atau tidak. Toh kalau sudah terbeli printer tersebut tentu bisa kita gunakan sesuka hati, termasuk untuk membantu memenuhi kebutuhan finansial sehari-hari 😀

Tetapi kalau menurut Anda, printer manakah yang harus saya pilih? Sertakan alasannya di kolom komentar ya 🙂

22 Comments

    oRiN

    Sekiranya bisa udunan, pilih yang MFC-T810. Tapi kalo kira2 gak bisa udunan sama temen kos-an, pilih yang MFC-T810. Dengan catatan, sediakan celengan di sebelah printer buat diisi tiap kali mereka numpang ngeprint wkwkwk

      ariefardia

      Ide bagus mas! Capitalism at its finest haha

    Kang Masroer

    Brother is a great printer and reliable! Suitable for all professions.

      ariefardia

      Couldn’t agree more with this!

    topan

    mantap ulasannya gan.

      ariefardia

      Nuhun gan! Ayo melipir ke toko Brother terdekat, hehe

    Arda Sitepu

    Galau milih Printer ya? Sama dong apalagi merk Brother ya Mas hehe

      ariefardia

      Hehe iya Mas. Bagus semua soalnya

    love from Jogja

    DCP-T710W juga keren walaupun tanpa fitur Fax dan Duplex, pas banget tuh bagi yang pengin printer awet dengan warna yang tajam dan harga yang realitis…

      ariefardia

      Setuju banget jeng.. Menarik juga solusinya di tengah-tengah DCP-T310 sama MFC-T810W 😀

    Yahfin

    Jadi pingin angkut printer MFC-T810W deh.. Uda bisa pake smartphone..

      ariefardia

      Angkut Gan. Toko Brother udah banyak kok sekarang di kota-kota. Pasti ada yang deket rumah agan. Cek aja disini: http://www.brother.co.id/id-ID/support/retailer-locations

    Ivandi

    Kalo dibandingan dengan printer merk lain. Brother memang lebih baik untuk kelas yang sama, kualitas Made in Japan-nya begitu kerasa.

    Sukses buat kuliahnya mas!

      ariefardia

      Wah makasih Mas 🙂 Moga Indonesia bisa bikin saingannya ya hehe

    uci

    printer Brother itu memang wajib punya , apalagi untuk mahasiswa penting banget

      ariefardia

      Setujuuuu! Minimal ada satu lah ya di kosan hhe

    himam

    ulasannya mantap

      ariefardia

      Terima kasih 🙂 Hayu liat-liat printer Brother yang lain biar lebih mantap! http://www.brother.co.id

    Hendra Suhendra

    Jadi tambah pengen punya Printer Brother deh, fiturnya bagus dan kekinian. Yang pasti tintanya irit euy

      ariefardia

      Bener banget. Hayuk merapat ke http://www.brother.co.id atau langsung ke toko resminya Mas Hendra, hehe

    rodame

    printer memang jadi kebutuhan ya Mas, apalagi waktu duduk di bangkukuliah tanpa hari tanpa ngeprint, Brother Printer katanya hemat banget bisa ngeprint sampa 6500 halaman ya, semoga terwujud punya printer brother.

      ariefardia

      Aamiiin.. Thanks for giving additional proves for this printer 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*