Aplikasi kesehatan sehatq

SehatQ: Kunci Anda untuk Meningkatkan Kesehatan dalam Genggaman

Belakangan ini teman dan keluarga saya gemar berbicara seputar kesehatan. Isunya adalah bagaimana supaya layanan kesehatan yang lengkap di rumah sakit dapat diakses secara cepat dan mudah lewat aplikasi di smartphone. Masalahnya, aplikasi apa yang paling tepat untuk dipilih diantara puluhan aplikasi berbasis kesehatan yang tersedia di Play Store/AppStore?

Hasil riset kecil saya dengan membaca review dan ulasan orang-orang di media sosial akhirnya menjatuhkan pilihan saya pada aplikasi SehatQ. SehatQ adalah platform layanan kesehatan digital dengan berbagai fitur unggulan, mulai dari chat dan booking dokter, database obat dan penyakit, forum dan artikel kesehatan, hingga pencarian layanan kesehatan terdekat.

Akan tetapi sebelum membahas lebih lanjut terkait aplikasi ini, ada baiknya kita bicarakan dulu hal yang lebih mendasar. Memangnya, sepenting apa sih menggunakan aplikasi kesehatan?

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Aplikasi Kesehatan

Sejak dulu, semua fasilitas kesehatan berkumpul di suatu tempat yang kita sebut rumah sakit. Apapun keperluannya, mulai dari masalah kesehatan kelas ringan sampai penyakit kelas berat, dapat diselesaikan jika kita pergi ke rumah sakit. Fasilitas yang lebih kecil seperti klinik dan puskesmas tentu juga bisa dimanfaatkan, namun tentu tidak selengkap rumah sakit.

Data jumlah rumah sakit indonesia 2019

Permasalahannya, pertambahan jumlah penduduk jauh lebih cepat daripada pertambahan jumlah fasilitas kesehatan. Alhasil sering terjadi “penumpukan pasien” di rumah sakit. Anda pun mungkin pernah mengalaminya di rumah sakit terdekat: mengambil nomor antrean jam 8 pagi, tetapi baru dipanggil mendekati jam 11. Hal-hal semacam ini tampaknya sudah begitu lumrah terjadi di rumah sakit mana pun di Indonesia.

Padahal tidak semua masalah kesehatan dapat menunggu untuk diberi penanganan. Ada masalah kesehatan yang harus mendapatkan penanganan secepat-cepatnya, meskipun ia bukan tergolong “penyakit kelas berat” atau “kondisi darurat”. Pasalnya kesehatan berhubungan erat dengan nyawa manusia, sehingga masalah sekecil apa pun tentu tidak bisa dianggap sepele bukan?

Ada juga masalah kesehatan yang datang di waktu dokter sedang tidak tersedia di tempat. Misalnya pada saat tengah malam hingga mendekati pagi. Kondisi-kondisi semacam ini tentu akan membawa kita pada satu kesimpulan penting: bahwa hari ini kita membutuhkan layanan kesehatan yang lengkap, mudah diakses, dan pastinya cepat.

Maka dipilihlah media berupa smartphone yang sudah memenuhi unsur cepat dan mudah diakses. Bukankah penetrasi pengguna smartphone di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun? Lantas mengapa kita tidak mengintegrasikan layanan kesehatan yang lengkap kedalam smartphone?

Itulah ide sederhana yang dimiliki oleh Linda Wijaya selaku salah satu pendiri dan CEO SehatQ. Idenya memang begitu sederhana, namun manfaatnya bisa jadi luar biasa! Saya berani berkata demikian setidaknya karena 4 fitur unggulan SehatQ sebagai berikut.

Chat dan Booking Dokter untuk Berbagai Keperluan

Fitur unggulan SehatQ.com adalah fitur chat dokter yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh Anda sebagai pengguna. Tentu saja dokter yang tersedia hanyalah dokter yang telah memiliki Surat Tanda Teregistrasi (STR) dan terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang sudah terjamin kompetensinya.

chat dokter booking dokter di sehatq

Nantinya segala percakapan Anda dengan dokter di aplikasi SehatQ dapat terekam secara otomatis menjadi catatan medis berbentuk digital. Catatan inilah yang dapat Anda bawa ke rumah sakit apabila memerlukan penanganan lebih lanjut. Oleh karenanya, fitur ini tetap tidak akan menggantikan peran dokter. Meskipun begitu, kebanyakan masalah yang dikeluhkan oleh pengguna aplikasi SehatQ adalah masalah ringan sehingga dokter pun akan menyarakan metode penyembuhan dengan self-medication.

SehatQ.com juga menyediakan fitur booking dokter dimana Anda bisa mem-booking lebih dari 6.979 dokter yang tersedia sesuai dengan jadwal dan lokasi praktiknya. Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke rumah sakit hanya untuk mencari tahu jadwal sang dokter, karena Anda sudah bisa mengeceknya secara langsung lewat aplikasi.

Eksplorasi Ribuan Database Obat dan Direktori Penyakit Lewat Satu Klik

Melalui aplikasi SehatQ, Anda juga bisa mengakses database berisi informasi tentang ribuan obat dan penyakit yang ada di luar sana. Untuk database obat, jumlahnya tak kurang dari 1.619 obat. Sementara untuk direktori penyakit jumlahnya sudah mencapai 1.165 penyakit per tanggal artikel ini dipublikasikan.

database obat dan direktori penyakit lengkap di sehatq

Database obat milik SehatQ berisi informasi lengkap seputar obat. Mulai dari deskripsi, kategori, bentuk sediaan, dosis, aturan pakai, efek samping, hingga interaksi obat dan kontraindikasi. Tentu sebagian besar obat hanya bisa Anda dapatkan lewat resep dokter, namun database ini akan sangat berguna sebagai panduan ketika obat Anda sudah berada dalam genggaman.

Adapun direktori penyakit berisi informasi lengkap seputar penyakit, mulai dari pengertian, gejala, penyebab, diagnosis, hingga pengobatan. Direktori penyakit SehatQ juga memiliki nilai tambah tersendiri dengan adanya infografis sederhana yang dapat membantu Anda memahami penyakit secara lebih mudah. Seluruh informasi terkait obat dan penyakit ini tentu sudah ditinjau oleh para dokter terpercaya sehingga dapat dijamin validitasnya.

Ingin Hidup Lebih Sehat? Mari Baca dan Bagikan Informasi Seputar Kesehatan!

Riset menunjukkan bahwa modal pengetahuan dapat membantu kita dalam mengambil keputusan yang lebih baik ketika mengalami masalah kesehatan. Pengetahuan yang dimiliki pasien juga bermanfaat dalam proses komunikasi dengan tenaga medis sehingga dapat mengefektifkan diagnosis.

SehatQ jelas memahami hal ini, sehingga mereka menyediakan tak kurang dari 2.196 artikel dan vlog seputar kesehatan didalam platform-nya. Dengan gaya bahasa dan penyampaian yang lebih ringkas, konten-konten semacam ini jelas lebih menarik untuk didalami.

ribuan artikel kesehatan di sehatq

Pilihan topiknya juga berkisar pada masalah kesehatan yang dialami sehari-hari seperti angin duduk, sembelit, sakit perut saat haid, dan lain-lain. Jadi, kapan pun Anda menemui masalah kesehatan, coba cari dulu jawabannya lewat artikel kesehatan di SehatQ.com. Andaikan jawabannya tak kunjung Anda dapatkan, silakan gunakan fitur chat dokter untuk berkonsultasi dengan ahlinya secara langsung.

Temukan Fasilitas Kesehatan Terdekat dan Terlengkap

Inilah fitur unggulan keempat dari SehatQ. Bahwa kini Anda bisa menemukan fasilitas kesehatan di sekitar tempat tinggal Anda yang lengkap secara mudah dan cepat. SehatQ sudah terhubung dengan 2.127 mitra fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Tinggal masukkan lokasi Anda dan SehatQ akan segera menampilkan daftarnya.

sehatq dalam angka

Data-data pribadi Anda seperti lokasi tempat tinggal tentu akan dijamin keamanannya. Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam, tak ada salahnya jika Anda membaca Kebijakan Privasi SehatQ melalui tautan ini.

Kesimpulan

Sebuah aplikasi kesehatan sudah jelas menjadi kebutuhan di tengah era teknologi yang semakin penuh tantangan. Dengan 4 fitur unggulan, SehatQ hadir sebagai kunci kesehatan dalam genggaman. Ayo unduh aplikasi SehatQ sekarang.

Ngomong-ngomong, fitur apa yang paling Anda favoritkan dari aplikasi ini?

Leave a Reply

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
%d bloggers like this: