produk-kerajinan-cianjur

7 Produk Kerajinan Unggulan Asal Cianjur

Kalau disebutkan Cianjur, tentu sebagian besar orang akan langsung membayangkan beras. Tak salah memang. Sebab beras Cianjur alias beras Pandan Wangi memang merupakan salah satu beras terbaik yang bisa diproduksi di republik ini.

Tetapi tahukah Anda kalau Cianjur juga memiliki segudang kerajinan buah karya masyarakatnya yang kreatif? Bahkan tak sedikit lho produk kerajinan asal Cianjur yang sudah menembus pasaran internasional.

Untuk itu pada postingan kali ini akan dibahas mengenai 7 produk kerajinan unggulan asal Cianjur. Siapa tahu ada yang tertarik untuk memiliki atau menanamkan investasi di sektor industri kreatif ini 😀

1. Lentera Gentur

Pernahkah Anda mendengar kalau ada yang menjual Lentera India atau Lentera Maroko? Apakah mereka benar-benar mendatangkan produk ini dari luar negeri? Sayangnya tidak. Malahan, sebagian besar lentera ini dibuat di Cianjur!

Lentera Gentur.

Adalah kampung Gentur yang menjadi pusat kerajinan lentera sejak dulu kala. Konon nuansa Islam yang kental memang membuat anak-anak Cianjur harus rutin mengaji setiap sehabis maghrib. Karena matahari sudah tak menampakkan lagi meganya, maka lentera-lah yang menjadi gantinya.

Kelihaian masyarakat Gentur dalam mengombinasikan model Lentera dengan gaya modern membuat Lentera Gentur tetap eksis hingga hari ini. Pesanan ekspor pun sudah menjadi pekerjaan sehari-hari dengan harga lentera persatuannya bervariasi mulai dari Rp200.000,- hingga Rp3.000.000,-.

Jika Anda sempat berkunjung ke Cianjur, tak ada salahnya mampir ke pusat-pusat kerajinan lentera Gentur di kampung Gentur-nya secara langsung. Klik tombol dibawah untuk mendapatkan akses lokasinya ya!

2. Peci Haji

Masih dari kampung Gentur dan sekitarnya, produk kerajinan unggulan kedua asal Cianjur adalah peci/kopiah. Sebab kalau lentera saja muncul akibat santri yang mengaji, tentu para santri juga sangat membutuhkan peci dong?

Peci Haji Cianjur (ANTARA).

Produk peci asal Cianjur ini juga laris manis dikarenakan kekreatifan masyarakat Cianjur dalam menciptakan berbagai variasi. Ada peci haji, peci Maroko, peci Madinah, peci rajut, peci Aldan, peci Bangladesh, peci Thailand, dan lain-lain. Pokoknya cukup datang ke Cianjur deh kalau mau dapetin peci dari seluruh dunia 😀

Umumnya sentra peci di Cianjur menjual peci dalam satuan kodi (20 buah). Jadi kalau Anda hendak berbisnis, peci haji Cianjur bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Apalagi permintaan peci selalu meningkat terutama ketika mendekati hari-hari besar umat Islam.

3. Kerudung Lukis

Kalau santri putra saja membutuhkan peci sebagai penutup kepala, tentu santri putri jauh lebih membutuhkan kerudung. Pemikiran inilah yang kira-kira menjadi cikal bakal lahirnya industri rumahan (home industry) kerudung lukis di desa Ciranjang, kabupaten Cianjur.

Kerudung Lukis Cianjur (Kerajinan Indonesia).

Kerudung lukis menjadi produk kerajinan Cianjur yang begitu diminati karena terasa mampu memberikan nuansa hidup lewat motif-motifnya yang unik. Variasi penempatan motifnya pun jauh lebih beragam ketimbang motif-motif pada kerudung bordir.

Yang membanggakan, kerudung lukis asal Ciranjang ini juga sudah memasuki pangsa pasar ekspor dengan negara tujuan utama Malaysia dan Filipina. Potensi pengembangan pasarnya tentu masih sangat terbuka mengingat komunitas muslimah di berbagai negara semakin besar. Tertarik memasarkan produk ini ke negara lain? 🙂

4. Kerajinan Keramik

Masih dari Ciranjang, produk kerajinan Cianjur yang sangat terkenal adalah produk-produk kerajinan keramik. Mulai dari guci, alat gelas, alat makan, hingga keramik lantai berbagai ukuran bisa Anda temukan disana. Anda juga bisa memesan bentuk keramik tertentu sesuai keinginan kepada para pengrajin yang ada disana.

Keramik asal Cianjur terkenal sebagai keramik kualitas premium dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, jangan heran kalau Anda melihat orang-orang memborong keramik jika Anda berkunjung ke sentra-sentra keramik Cianjur.

Lantas dimanakah alamat sentra keramik Cianjur? Berikut salah satu diantaranya.

5. Kerajinan Bambu

Belum lengkap rasanya kalau belum menyebutkan kerajinan bambu dalam list produk kerajinan unggulan asal Cianjur. Pusatnya terletak di desa Cijagang, tetapi pengrajinnya bisa Anda temui hampir di setiap jalan raya di kabupaten Cianjur.

Kerajinan Bambu (Kerajinan Indonesia).

Keunggulan produk kerajinan bambu Cianjur adalah anyaman bambunya yang kokoh dan awet. Tak heran kalau produk unggulannya adalah bilik bambu. Kemudian disusul oleh produk-produk yang lebih kecil seperti miniatur kecapi, bakul nasi, nampan, tudung saji, dan lain-lain.

6. Akar Kayu

Akar kayu merupakan produk kerajinan Cianjur yang berbentuk menyerupai akar dan terbuat dari kayu. Bila dilihat sekilas, bentuknya menyerupai kayu pepohonan tua yang tak sengaja berbentuk seperti perabotan. Sangat natural dan cocok dijadikan sebagai properti pelengkap indoor maupun outdoor.

Kerajinan Akar Kayu (GPS Wisata Indonesia).

Peminat produk kerajinan akar kayu memang belum sebanyak peminat kerajinan bambu. Tetapi nilai jualnya tak kalah tinggi. Pasalnya beberapa pengrajin akar kayu Cianjur juga menerima pembuatan secara custom dengan nilai jual mulai ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.

Anda yang memiliki café atau restoran di kota besar tentu layak mempertimbangkan perabotan yang satu ini. Siapa tahu, perabotan akar kayu bisa membuat tempat makan Anda lebih eye-catching dan instagrammable sehingga bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung 🙂

7. Sangkar Burung

Bagi Anda para kicau mania, tentu sudah sangat familiar dengan sangkar burung Cianjur. Motifnya yang khas dengan warna-warna terang membuat sangkar burung Cianjur menjadi salah satu sangkar burung yang paling sering ditemui saat festival burung kicau sedang berlangsung.

Sangkar Burung khas Cianjur.

Kalau Anda membelinya di luar Cianjur, umumnya satu sangkar dihargai paling murah Rp150.000,-. Tetapi kalau Anda membelinya langsung di Cianjur, sangkar yang sama bisa dihargai jauh lebih murah hingga setengah kalinya. Belum lagi Anda bisa menemukan sangkar berbagai jenis dan mencocokannya dengan burung kicau yang Anda miliki.

Berikut alamat salah satu pengrajin sangkar burung Cianjur.

Itulah ketujuh produk kerajinan unik dari Cianjur. Selain ketujuh produk diatas, tentu masih banyak lagi produk-produk kerajinan asal kota santri ini. Semisal kerajinan kain sutra, batik, sapu ijuk, dan lain-lain.

Kemajuan setiap produk kerajinannya pun berbeda-beda. Ada yang sudah berhasil diekspor, ada yang sudah berhasil mencapai pulau-pulau diluar Jawa, tetapi ada juga yang baru bisa mendapatkan pembeli dari Cianjur dan sekitarnya. Padahal potensinya begitu besar untuk dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat Cianjur.

Adalah tugas kita bersama untuk mengangkat industri kreatif ini ke permukaan. Yuk mulai #CintaiProdukKerajinanCianjur! Bisa dengan membeli, mempromosikan, atau bahkan menjadikan para pengrajin Cianjur sebagai mitra bisnis.

Leave a Reply

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
%d bloggers like this: