banjir kota bandung

Mengapa Kota Bandung Kerap Dilanda Banjir?

Isu terkini yang terjadi di Kota Bandung ialah banjir di beberapa titik sekaligus dalam kisaran yang cukup besar. Hujan deras yang disertai angin kencang selama kurang lebih tiga jam tersebut sukses merobohkan belasan pohon di kota Bandung. Stasiun Bandung pun tidak dapat digunakan karena air setinggi 20 sentimeter menggenangi rel kereta (Republika, 13 November 2016). Hujan deras tersebut juga menimbulkan titik-titik banjir baru yang selama ini belum pernah mengalami banjir. Padahal titik banjir sebelumnya seperti Pasteur, Pagarsih dan Gedebage, belum tuntas tertangani.

Disclaimer

Artikel ini ditulis pada tahun 2016. Beberapa hal masih ditemukan relevan, tetapi beberapa pembaruan juga telah diperbuat. So please keep updated!

Banjir yang terjadi salah satunya memang disebabkan oleh sangat tingginya volume hujan yang turun pada hari Minggu kemarin seperti yang telah diperingatkan oleh BMKG sebelumnya. Akan tetapi pasti terdapat faktor penyebab lain yang membuat genangan air ini muncul dengan sangat cepat. Apakah alasan lain itu?

Mengapa Banjir Terjadi di Kota Bandung?

Banjir di Jalan Dr. Junjunan, Bandung. Sumber.

Salah satu faktor penyebab yang menurut saya cukup berkontribusi dalam munculnya permasalahan banjir ini ialah banyaknya bangunan di kota Bandung yang dibangun tanpa memperhatikan dampak lingkungan yang ia timbulkan. Salah satu dampak lingkungan yang menjadi sorotan ialah tertutupnya jalur air dan hilangnya daerah resapan air akibat pembangunan bangunan tersebut. Akibatnya ketika hujan air harus menggenang karena tidak bisa diserap dan air tersebut tidak bisa langsung mengarah ke jalur air yang semestinya karena jalur tersebut tertutupi oleh bangunan yang ada. Banjir pun dengan mudah muncul.

Faktor penyebab lain yang menurut saya sangat berpengaruh ialah banyaknya sampah yang menyangkut di jalur air. Sampah yang berasal dari warga Bandung ini, baik warga asli maupun pendatang, nyatanya sangat menghalangi jalur air. Bahkan pada edisi banjir sebelumnya sebuah mobil yang ditemukan pasca terseret banjir ternyata ditutupi oleh sampah yang sangat banyak. Hal ini mengindikasikan bahwa permasalahan banjir yang terjadi juga disebabkan oleh perilaku buang sampah sembarangan yang masih banyak dilakukan oleh warga Bandung, baik warga asli maupun pendatang.

Lantas Apakah Pemerintah Kota Bandung Diam Saja?

Pemerintah kota Bandung bukannya diam saja dalam menyikapi banjir yang terjadi. Serangkaian program baik yang bersifat preventive maupun treatment telah dilakukan meskipun pada akhirnya banjir tetap sulit dihindari.

Banjir Gedebage. Sumber.

Salah satu langkah preventive yang dilakukan pemkot Bandung ialah menambah kapasitas dan kuantitas gorong-gorong yang sudah ada seperti yang dilakukan di jalan Dago. Pemkot Bandung juga sudah menerapkan teknologi tol air di daerah Gedebage yang terbukti sangat ampuh dalam menghadapi hujan deras yang terjadi. Sebelum banjir hari Minggu ini terjadi pun Pemkot Bandung sudah melakukan beberapa pembongkaran pada bangunan yang menghalangi jalur air. Langkah-langkah peneegahan secara nyata ini memang telah dilakukan dan sepertinya akan terus dilakukan kedepannya.

Pemerintah kota Bandung juga telah mengupayakan tindakan treatment pasca banjir terjadi. Pasca hujan mereda Dinas Penanggulangan Pemadan Kebakaran (DPPK) kota Bandung terbiasa untuk langsung turun membersihkan lumpur-lumpur yang memenuhi jalanan serta melakukan penyedotan air dalam jumlah besar. Kota Bandung memang belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sehingga tugas penanggulangan bencana dilakukan oleh DPPK kota Bandung.

DPPK Sedot Lumpur Pasca Banjir di Bandung. Sumber.

Akan tetapi menurut saya kinerja dari DPPK kota Bandung ini sudah cukup baik dengan alasan banjir yang menggenangi kota Bandung umumnya tidak dapat ditemukan lagi sehari setelah banjir terjadi. Bahkan untuk banjir yang menggenangi jalan protokol kota Bandung bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 2-3 jam saja. Ini mengindikasikan treatment yang dilakukan oleh pemerintah kota Bandung juga sudah cukup tepat dan berdampak baik.

Lalu mengapa banjir masih terus terjadi di kota kembang? Temukan jawabannya disini.

Leave a Reply

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
%d bloggers like this: