NF Computer, Investasi Pemuda dan Era VUCA

Tiga kalimat sederhana konon pernah dikumandangkan hingga mampu membakar semangat persatuan pemuda-pemudi Indonesia. Saksi sejarahnya memang tak banyak: hanya “auditorium” kecil yang terletak di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta. Tetapi kalimat itu jelas masih kokoh bertahan sampai sekarang.

Lantas masih relevankah tiga kalimat sederhana itu meski sudah berusia 91 tahun lamanya?

Hari ini kita dihadapkan pada era VUCA, suatu era yang amat membingungkan para eksekutif dalam mengambil sebuah keputusan, baik dalam bisnis, organisasi non-profit, militer, ataupun pemerintahan. Kehadiran VUCA, yang merupakan akronim dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity, mau tidak mau memaksa para pemimpin untuk segera berbenah dari model kepemimpinan yang kaku, statis dan konvensional menjadi model kepemimpinan yang dinamis, penuh inovasi dan nilai kebaharuan.

Tantangan pada era VUCA ini jelas tidak pernah dihadapi oleh pemuda-pemudi Indonesia yang mendeklarasikan sumpah pemuda dan bergotong royong memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Tantangan semacam ini jelas hanya dihadapi oleh pemuda-pemudi Indonesia hari ini, yang dikatakan banyak pakar sedang krisis moral dan krisis keteladanan.

KondisiSolusi
Volatility (kecenderugan untuk berubah) Vision, harus memiliki visi untuk beraksi melakukan perubahan.
Uncertainty (ketidakpastian) Understanding, harus mau mengerti dan memahami lebih banyak perspektif.
Complexity (kekompleksan) Clarity, target harus jelas dan fokus namun tetap fleksibel dan kreatif.
Ambiguity (kemenduaan) Agility, tangkas dalam mengambil keputusan dan melakukan inovasi.

Uniknya, solusi menghadapi VUCA adalah VUCA, namun dengan akronim yang berbeda. Bahwa pemimpin hari ini harus merupakan seseorang yang visioner (Vision), mau mengerti (Understanding), memiliki kejelasan (Clarity) serta ketangkasan (Agility) dalam bertindak dan mengambil keputusan.

Hal ini tentu sangat menarik. Bahwa dunia VUCA ternyata dapat ditaklukkan dengan terlebih dahulu melakukan investasi pada sektor sumber daya manusia. Bukan pada sektor ekonomi, sektor infrastuktur, ataupun sektor-sektor lainnya.

The world in your hand is ready to challenge you!

Oleh karena itu, momentum 91 tahun sumpah pemuda harus dimaknai sebagai momen untuk menggiatkan investasi pada pemuda-pemudi Indonesia. Mulai dari mengadakan pelatihan, memberikan kompensasi, menyediakan ruang kerja (workplace), hingga menawarkan mereka dengan berbagai kesempatan yang menarik. Konon bangsa ini akan memetik hasilnya kelak di masa depan apabila bisa fokus berinvestasi kepada para pemudanya. Just invest on people and they will invest in you.

Contoh konkret investasi pada sektor manusia ini salah satunya bisa dilihat pada NF Computer IT Learning Solutions (PT Nurul Fikri Cipta Inovasi). Lembaga yang sudah berdiri sejak tahun 1994 di bawah naungan grup Nurul Fikri ini berfokus pada pendidikan dan pelatihan di bidang IT (Information Technology). NF Computer hendak menjawab kebutuhan pengembangan kompetensi IT pada era industri 4.0 seperti sekarang ini.

Terdapat 3 pilihan produk pelatihan yang ditawarkan oleh NF Computer sebagai berikut.

Public Class

Layanan kursus singkat dengan lebih dari 100 pilihan kelas yang dapat diikuti oleh umum dengan jadwal yang telah ditetapkan di setiap bulannya.

Exclusive Class

Layanan kursus eksklusif yang lebih intensif dengan 12 pilihan kelas untuk membantu menguasai suatu topik di bidang IT secara singkat.

In Home/In Company Class

Layanan pelatihan khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan ataupun perseorangan secara privat.

Eksplorasi terhadap produk-produk pelatihan yang disediakan oleh NF Computer dapat diakses disini. Saya sendiri merekomendasikan 2 pilihan public class sebagai berikut.

Android Complete Class

Berfokus pada penggunaan bahasa pemrograman Java untuk membangun aplikasi Android. Pembelajaran melingkupi Konsep Pemrograman Java, Instalasi Android SDK, Design Layout UI, hingga membuat File Android Paket (*.apk). Kelas ini akan sangat membantu jika berminat membangun aplikasi Android dasar.

Project Management Professional Fundamental

Merupakan paket pelatihan manajemen proyek secara professional. Melingkupi Project Management Framework, Time Management, Cost Management, Human Resource Management, hingga Procurement Management. Kelas ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan proyek.

NF Computer juga membuka kesempatan kerjasama dengan sekolah untuk mengembangkan kemampuan IT siswa-siswi di sekolahnya pada semua jenjang level Pendidikan (TK, SD, SMP dan SMA). Tak kurang dari 29 client sekolah tercatat pernah bekerjasama dengan NF Computer dengan pelatihan yang bervariasi mulai dari pelatihan program Office, Quanta Plus, Scribus, hingga program-program robotik dan desain grafis.

Dalam beberapa kesempatan, NF Computer IT Learning Solutions juga kerap menyelenggarakan workshop dan seminar dengan tema khusus seperti Digital Marketing. Info lengkap terkait hal ini bisa Anda dapatkan dengan mengikuti akun media sosial NF Computer sebagai berikut.

Akhirnya era VUCA memang tidak akan dapat kita hindari. Pilihan kita hanya satu, yakni menghadapi dengan mempersiapkan generasi sebagaimana yang telah dan sedang diakukan oleh NF Computer. Kedepan, ibu pertiwi jelas membutuhkan lebih banyak lagi anak bangsa untuk turut serta bergabung kedalam gerbong besar investasi ini.

Tertarik bergabung dengan NF Computer? Daftarkan dirimu disini atau pelajari selengkapnya lewat tautan ini.

Leave a Reply

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
%d bloggers like this: