Panduan Wisata Balikpapan dari Seorang Putra Kalimantan

Saya dilahirkan di kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Uniknya, dalam dua puluh tahun terakhir, saya belum juga berkesempatan untuk menginjakkan kaki kembali di tanah kelahiran itu. Praktis kalau ditanya, “Mau liburan kemana?”, saya selalu memberikan satu jawaban yang sama, “Balikpapan!”

Kota Balikpapan sendiri sudah semakin terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Popularitasnya terus menanjak dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tentu tak lepas dari segudang pencapaian yang berhasil ditorehkan oleh masyarakat bersama Pemkot Balikpapan.

Prestasi yang terkini ialah keberhasilan mempertahankan gelar Adipura untuk yang kelima kalinya secara berturut-turut. Sementara prestasi yang paling viral, tentu penghargaan sebagai “kota paling dicintai di dunia” versi WWF tahun 2015. Adapun daftar prestasi selengkapnya dapat dilihat pada laman berikut.

Kota yang akrab disebut “kota minyak” ini juga memiliki bandara bertaraf internasional yang sudah menjadi langganan peraih penghargaan internasional. Belum lagi pesona bentang alamnya yang eksotik serta warganya yang menjunjung tinggi toleransi. Membuat Balikpapan benar-benar menjadi destinasi wisata idaman masa kini.

Rencana liburan di Balikpapan pun sudah disiapkan sedari kini. Jadi kapanpun rezekinya datang menghampiri, saya pastikan kalau saya benar-benar siap untuk menghargai setiap detiknya disana.

Panduan Wisata 3 Hari 2 Malam di Balikpapan

Saya sarankan mengambil jadwal penerbangan pagi hari dari Jakarta. Perjalanan udara tanpa transit umumnya menghabiskan waktu selama 3 jam. Jadi diharapkan kita bisa memulai program wisata Balikpapan ini sejak siang hari di hari pertama.

Awali dengan Mangrove Margomulyo

Sumber: travel.detik.com

Tidak banyak destinasi wisata hutan bakau di dunia. Sebagian besar berada di Indonesia, dan beberapa yang terbaik justru berada di Kalimantan. Jadi jangan lewatkan kesempatan emas untuk mampir selagi sedang bertandang ke pulau ini.

Mangrove Margomulyo menawarkan suasana yang begitu sejuk. Jajaran pohon bakau berseling nipah dan bintaro yang berpadu dengan kicauan burung cipoh kacat tentu mampu menghadirkan nuansa asri. Sangat cocok untuk menyegarkan hati dan pikiran akibat penat selama perjalanan.

Lanjutkan dengan Wisata Museum

Sumber: kalimantantourism.com

Pikiran yang sudah lebih segar tentu lebih mudah dimasuki wawasan-wawasan baru. Wisata museum pun menjadi pilihan yang tepat. Agar mobilitasnya mudah, saran saya pilihlah satu diantara dua museum: Dahor Heritage Museum atau Museum Meriam Jepang.

Dahor Heritage berisi rekam jejak sejarah kota Balikpapan. Dinamika kehidupan sosial politik dan ekonomi sejak zaman Hindia-Belanda dari kota minyak ini bisa Anda pelajari disini. Adapun Museum Meriam Jepang menawarkan kilas balik sejarah Balikpapan sebagai salah satu kota pertahanan terbaik pada masa Perang Dunia II. Keduanya sama-sama menarik bukan?

Rehat Sejenak di Kampung Atas Air Margasari

Sumber: kalimantantourism.com

Setelah puas mengedukasi diri, mari rehat sejenak ke Kampung Atas Air Margasari. Jaraknya hanya 10 menit perjalanan menggunakan mobil dari kedua museum sebelumnya. Inilah tempat yang tepat bagi Anda untuk bisa meresapi status Indonesia sebagai negara maritim.

Anda bisa menghabiskan waktu dengan menaiki wahana perahu, membeli jajanan khas Balikpapan, dan bersantai di tepi jembatan sambil memandang ke laut. Kawasan ini selalu dipenuhi oleh masyarakat di sore hari. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk sekedar berbincang dengan warga lokal ya!

Menikmati Senja di Pantai Kemala

Sumber: langitkaltim.com

Satu jam sebelum senja tiba, mari bergerak menuju pantai Kemala. Sungguh, Balikpapan tak ubahnya Bali yang memiliki banyak pantai. Tetapi pilihan saya jatuhkan ke pantai Kemala karena kemudahan akses dari Kampung Atas Air Margasari.

Pantai Kemala merupakan pantai berpasir putih yang bersih dan nyaman. Anda bisa menikmati terbenamnya matahari diantara hamparan laut dan gedung-gedung bertingkat yang terlihat di pinggir pantainya. Hawa mesra pun akan semakin terasa tatkala kios dan restoran yang ada mulai menyalakan lampu-lampunya.

Jika sudah puas menenggelamkan rasa di pantai Kemala, saya sarankan untuk segera pulang ke penginapan. Masih banyak kok destinasi apik yang bisa kita kunjungi esok hari.

Nyaman Beristirahat di RedDoorz

Sumber: reddoorz.com

Adapun terkait tempatnya, saya menyarankan Anda untuk menginap di RedDoorz. RedDoorz pada dasarnya merupakan penginapan milik masyarakat lokal, tetapi telah melewati standardisasi yang ditetapkan oleh pihak RedDoorz. Hal ini jelas berbeda dengan aggregator penginapan lain yang sekedar mengumpulkan lalu membandingkan data-data dan harga sewa.

Standardisasi yang dimiliki RedDoorz berisi garansi terhadap 6 layanan utama. Terdiri dari linen yang bersih, kamar mandi bersih, perlengkapan mandi, televisi satelit, air mineral, dan WiFi gratis. Tak peduli RedDoorz mana yang Anda masuki, keenam layanan utama ini sudah pasti akan Anda dapatkan.

Di Balikpapan sendiri sudah tersedia 7 buah RedDoorz dan satu diantaranya merupakan RedDoorz Premium. RedDoorz Premium tentu memiliki layanan penunjang kebutuhan kelas atas, seperti ruang meeting khusus, fitness center, dan kualitas kamar bintang lima. Anda bisa memilah-milih RedDoorz mana yang cocok melalui aplikasi yang bisa diunduh dengan mengetuk banner dibawah ini.

Kalau saya, tentu akan menjatuhkan pilihan pada RedDoorz di dekat Terminal Batu Ampar (Elok Guest House). Alasannya supaya dekat dengan pusat transportasi publik. Dengan begitu, harapannya saya bisa memiliki kemudahan akses untuk mobilitas sekaligus menghemat biaya transportasi selama berwisata di Balikpapan.

RedDoorz di dekat Terminal Batu Ampar juga dilengkapi dengan fasilitas ruang tamu bersama, café, dan kamar non-smoking. Ukuran kamarnya pun relatif luas sehingga mampu menyimpan banyak barang dengan tetap rapi. Tak ayal banyak yang meninggalkan testimoni selepas menginap di tempat ini.

Lepas beristirahat dengan nyaman, energi pun akan pulih kembali. Mari kita lanjutkan rencana liburan hari ke-2 di Balikpapan.

Memuji Apiknya Vegetasi di Kebun Raya Balikpapan

Sumber: jongfajar.blogspot.com

Kalimantan termasuk kawasan khusus yang diberi gelar paru-paru dunia. Luas total hutannya mungkin semakin berkurang akibat pembukaan lahan untuk industri dan perkebunan. Tetapi jajaran kayu khas daerah tropis yang masih lestari tentu selalu dapat Anda kunjungi di Kebun Raya Balikpapan.

Kawasan konservasi ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana, seperti rumah kaca, museum, perpustakaan, wahana outbound serta laboratorium untuk kebutuhan penelitian. Tempat ini, bagi saya, menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Bukan sekedar untuk tujuan edukasi, melainkan mengembalikan lagi kesadaran akan pentingnya ekosistem bernama hutan.

Bermain Air di Carribean Island Water Park

Sumber: carribeanislandwaterpark.com

Menjelang siang, suhu kota Balikpapan dipastikan mulai meningkat. Inilah waktu yang tepat untuk menyelami keseruan di Carribean Island Water Park. Sebab kapan lagi Anda bisa bermain air di salah satu taman air terbesar di Indonesia Timur?

Dengan harga tiket masuk berkisar antara Rp45.000,- s/d Rp60.000,-, Anda sudah bisa mencicipi seluruh wahana yang tersedia. Mulai dari spillet bucket, monkey slide, hand boat, sliding race, elephant slide, octopus tower, dry pool hingga carribean castle. Tempat ini juga sangat ramah bagi anak dan keluarga. Jadi, jangan lewatkan kesempatan bermain disini selagi di Balikpapan ya!

Berburu Cinderamata di Plaza Kebun Sayur

Sumber: hakayaplazahotelbalikpapan.blogspot.com

Wisata alam sudah. Wisata air juga sudah. Pun dengan wisata museum. Mari lengkapi rangkaian wisata kita dengan wisata cinderamata!

Plaza Kebun Sayur merupakan pusat perbelanjaan ikonik yang ada di Balikpapan. Segala macam souvenir dan benda seni khas Kalimantan bisa Anda temukan disini. Harganya tentu lebih terjangkau dibandingkan pusat perbelanjaan yang lain. Siap-siap saja memenuhi bagasi pesawat saat pulang dengan barang-barang darisini.

Merekam Senja di Pantai Melawai

Sumber: beepdo.com

Setelah puas berburu cinderamata, mari berpindah ke destinasi berikutnya. Estimasi saya, wisata di Plaza Kebun Sayur akan memakan waktu yang lama selagi kita harus memilih cinderamata yang cocok. Beres berbelanja, sore pun tiba. Inilah saat terbaik agar bisa menghabiskan senja di Pantai Melawai.

Pantai Melawai kerap disebut sebagai cermin kota Balikpapan. Alasannya karena di pantai ini Anda bisa mengerti, memahami, dan meresapi kepaduan aktivitas di Kota Pelabuhan ini. Jangan lupa untuk mencadangkan baterai HP/kamera sebelum kesini, agar Anda tak ketinggalan momen senja tercantik dari tanah Balikpapan ini.

Menikmati Kenangan di Taman Bekapai

Sumber: id.wikipedia.org

Jika Anda masih memiliki cukup energi, mari menghabiskan malam di Taman Bekapai. Jaraknya hanya 5,2 km dari pantai Melawai atau sekitar 12 menit perjalanan menggunakan angkutan umum. Kurang lengkap rasanya kalau datang ke Balikpapan tetapi belum singgah di taman kebanggaan masyarakatnya ini.

Di Taman Bekapai, Anda bisa mengistirahatkan kaki sambil melihat-lihat kembali hasil jepretan dalam dua hari terakhir. Sorotan lampu-lampu temaram diiringi percikan air mancur pasti membuat Anda enggan untuk meninggalkan kota ini. Nuansanya pasti begitu hangat dan mesra. Jelas berbeda dengan hiruk pikuk kota besar di pulau Jawa sana.

Akhirnya, mari kembali ke penginapan. Kalau sudah terlanjur lelah, baiknya segera beristirahat. Barang-barang itu bisa dikemas keesokan hari, karena RedDoorz memang menyediakan layanan check-out di siang hari. Selamat menikmati malam terakhir di Balikpapan yang penuh dengan kenangan.

Keesokan paginya, saya pastikan Anda bisa bangun dengan segar dan bugar. Jangan sampai terlambat datang ke bandara, tapi jangan lupa juga untuk sarapan. Tinggalkanlah kesan pesan di RedDoorz tempat Anda menginap. Agar orang lain juga bisa merasakan pengalaman menginap terbaik selama berwisata di Balikpapan.

Inilah proposal liburan di Balikpapan versi ariefardia. Semoga Allah menyetujui proposal ini, dengan skenario terbaik yang Dia miliki.

Leave a Reply

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
%d bloggers like this: