Mulanya Rokok Harus Mahal menjadi hitz pada peringatan Hari Kartini yang lalu. Tapi sejak kemarin, nama gerakan ini kembali muncul di layar ponselku. Rupanya gerakan ini baru saja dibahas secara serius di Pekanbaru, lewat program Ruang Publik KBR yang mengundang 2 orang tamu.

Jalan-jalan ke Pekanbaru
Pulang-pulang membeli es kepal
Kalau ingin berbakti kepada ibu
Ayo dukung Rokok Harus Mahal

Gerakan tentang rokok sendiri memang sudah amat biasa. Tak hanya mahasiswa, eksekutif muda pun sering turut didalamnya. Umumnya semua meminta agar orang-orang berhenti membakar rokoknya. Tapi kalau yang satu ini, justru ingin agar harga rokok mengangkasa. Lho kok bisa?

Daripada mengada-ada, mari masuk ke pembahasan yang lebih integral. Tapi sebelum bergerak lebih jauh ke konten yang lebih esensial, memangnya kenapa sih #RokokHarusMahal? Kok tagar ini bisa terkenal?

Kenapa sih Rokok Harus Mahal?

Kata orang, rokok di Indonesia itu harganya murah. Tapi di era digital, masak kita percaya kata orang dengan begitu mudah? Kalau salah, bisa-bisa malah jadi masalah. Maka dari itu data wajib ada, agar informasi semakin terarah.

rokok harus mahal
Perbandingan Harga Rokok Negara-negara di Dunia

Ternyata menurut data, harga rokok di Indonesia itu sangat murah. Padahal itu rokok Marlboro merah. Murahnya bahkan sampai membuat hati tergugah! Bayangkan saja, harganya mencapai seperlimabelas harga rokok di negara sebelah. Kalau sudah begini, masih adakah yang ingin membantah?

Itu pun baru harga Marlboro merah, yang katanya sudah cukup tinggi. Bagaimana dengan harga rokok lain yang umum dibeli? Kata Nina Samidi, bahkan masih banyak yang lebih murah lagi. Saking murahnya dengan uang recehan pun ia bisa terbeli.

Masih ditemukan rokok di Indonesia dengan harga lima ribuan per bungkus. Kalau sebungkusnya isi sepuluh saja, berarti satu batangnya hanya seharga 500 rupiah.

– Nina Samidi (Communication Manager Komnas PT)

Maka para perempuan pun berinisiatif. Bermula dari sebuah tagar akhirnya dihasilkan sebuah gerakan yang saat ini sudah cukup masif. Inilah gerakan yang benar-benar emansipatif. Sebab tak hanya membuat perempuan menjadi aktif, tetapi juga menjauhkannya dari hal-hal yang negatif.

Adik membeli burung perkutut
Hendak dipelihara bersama burung camar
Kalau seribu perempuan ikut menuntut
Apakah mereka tak akan gentar?

Tapi mengapa gerakan ini diinisiasi oleh perempuan?

Bukankah dalam urusan merokok laki-laki kerap lebih berpengalaman? Apakah hal ini berhubungan dengan masalah keseimbangan? Atau jangan-jangan ia justru masalah perekonomian?

 

Perempuan: Sang Akuntan Keluarga

Rumah tangga tentulah memerlukan belanja. Mulai dari belanja untuk hidangan diatas meja, hingga belanja kendaraan beroda dua. Orang miskin pun tetap belanja. Sebab yang membedakan hanyalah besarnya saja.

Nah karena sang suami umumnya sibuk bekerja, jadilah istri yang lebih sering ditugasi berbelanja. Awalnya mungkin hanya diminta untuk membeli ikan nila. Tapi lama-lama diamanahi juga untuk membeli pendidikan bagi anak-anaknya. Maka sang istri pun berubah tanpa diminta, menjadi sang akuntan bagi keluarganya.

perempuan-dukung-rokok-harus-mahal
Wanita Adalah Akuntan Keluarga (Sumber: kreditgogo.com)

Ketika perempuan menjadi pengatur keuangan dalam keluarga, maka ia bisa turut andil dalam memberikan uang jajan rokok yang diminta oleh para anggota keluarganya. Bukan hanya kepada suaminya, tetapi juga anak-anaknya. Sudah sering kan melihat fenomena merokok di kalangan anak-anak Indonesia?

anak-anak-merokok
Potret Anak Indonesia Merokok

Kalau harga rokok masih murah, tentu anak-anak ini bisa dengan mudah membelinya. Bahkan ia tidak perlu meminta uang khusus kepada sang ibunda. Cukup sisihkan uang jajan harian, satu-dua batang rokok pun sudah siap di tangan. Makanya, #RokokHarusMahal.

Karena kalau harga rokok mahal, tentu anak-anak tidak akan bisa membeli rokok dari uang jajannya. Mau tak mau ia harus meminta, dan sang ibu bisa lebih mudah melarangnya. Tentu begitu harapan kita.

Real Madrid berhasil masuk final
Siap perebutkan gelar juara
Ayo dukung Rokok Harus Mahal
Demi selamatkan para penerus bangsa

Lagipula, industri rokok sedang gencar-gencarnya mencari anak muda. Mereka sudah tidak perlu memerhatikan para konsumen tua. Sebab tanpa disuguhi iklan, konsumen tua juga sudah kecanduan. Tinggal tunggu daya tahan tubuhnya saja. Kalau daya tahan tubuhnya masih kuat, rokok baru siap mencegat. Tapi kalau sudah hampir mati? Tentu bukan urusan industri rokok lagi.

baliho-rokok-harus-mahal
Baliho Rokok Masa Kini

Makanya mereka sangat menggencarkan promosi di kalangan generasi muda. Baliho-baliho besar pun mereka pasang di dekat tempat nongkrong anak-anak SMA. Desainnya? Sudah pasti keren gila. Bahkan kadang harganya dituliskan secara nyata. Agar anak muda mengira kalau rokok sesuai dengan kantongnya.

Lantas kalau Rokok Harus Mahal, berapakah harga yang ideal?

 

#Rokok50ribu: Iringi Gerakan Rokok Harus Mahal

Bulan Agustus 2 tahun yang lalu, akhirnya harga rokok ideal berhasil ketemu. Aktornya adalah Prof Hasbullah Thabrany, bersama rekan-rekan dari FKM UI. Memanfaatkan jaringan penghubung suara mereka pun bertanya, “Anda akan berhenti merokok kalau harga rokoknya berapa?”

rokok harus mahal rokok 50 ribu
Riset Harga Rokok Minimal

Hasilnya ternyata cukup tak disangka. Bahwa pada harga seperduapuluh juta, orang-orang akan berhenti membakar rokoknya. Isu ini pun menuai pro dan kontra. Sebab kalau harga rokok mengangkasa, bukankah petani tembakau akan semakin sengsara?

Isu ini pun kembali dijawab oleh Nina Samidi, yang menjadi salah satu narasumber dalam program Ruang Publik ini. Bahwa ternyata 60% tembakau Indonesia hari ini datangnya dari jalur impor! Kalau begitu mau naik sampai berapapun juga petani tembakau akan tetap tekor!

Industri apapun yang sudah berdiri,
Pasti bahagia kalau harga produknya naik
Tapi industri rokok memang beda sendiri,
Sebab kalau rokok naik, mereka pasti panik

Tetapi kita tetap harus mendukung para petani. Karena bagaimanapun juga mereka adalah saudara kita sendiri. Mari sediakan lahan kerja baru untuk mereka garapi. Agar saat industri rokok mati, mereka tidak perlu merasa rugi.

Kita pun perlu mendukung orang-orang yang masih merokok disekitar kita. Kalau kata dr. Fauziah, mereka harus kita ajak melakukan kegiatan yang mereka suka. Harapannya sedikit demi sedikit rokok pun akan terlupa dari memori mereka. Proses ini memang membutuhkan waktu yang lama, tetapi hasilnya saya yakin luar biasa.

Di sisi lain, gerakan ini juga membutuhkan kontribusi dari Anda yang membaca artikel ini. Mari bantu kami medukung gerakan #RokokHarusMahal dengan sepenuh hati. Cukup awali dengan menandatangani petisi. Jika sudah, Anda bisa bagikan ke kanan dan kiri.

petisi-rokok-harus-mahal
Petisi Rokok Harus Mahal (Sumber: change.org)

Serial Rokok Harus Mahal pun akan kembali berlanjut. Jangan khawatir kalau kamu sulit mengikutinya karena sibuk. Sebab rekaman ulangnya bisa kamu nikmati hanya di facebook.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *