Dalam beberapa tahun kedepan, Indonesia akan mendapatkan suatu anugerah yang disebut dengan bonus demografi. Anugerah yang hanya akan muncul sekali seumur hidup negara ini memang tak ubahnya pisau bermata dua. Pasalnya jika berhasil dimanfaatkan, tentu negara ini akan langsung terakselerasi menjadi negara maju. Akan tetapi jika gagal memanfaatkan, justru tanah air kita bisa berada di ambang kehancuran sebagai suatu negara.

Salah satu tantangan dalam memanfaatkan bonus demografi ini ialah bagaimana caranya menciptakan lapangan kerja dalam jumlah banyak. Sebab mustahil bisa mencapai kemakmuran apabila mayoritas usia produktif dalam suatu negara masih belum mampu berdikari secara ekonomi. Namun sayang, pertambahan jumlah lapangan kerja masih belum cukup kuat untuk mengalahkan pertambahan jumlah angkatan kerja di setiap tahunnya. Akibatnya bisa ditebak: jumlah pengangguran terbuka di Indonesia cenderung tidak jauh berubah dari waktu ke waktu.

Semangat Berwirausaha Bersama TM Agung Podomoro

Beruntung di Indonesia sudah bermunculan cukup banyak wirausahawan (entrepreneur). Kampus tempat saya berkuliah pun (read: ITB) mendeklarasikan gagasan Entrepreneurial University sebagai visi jangka panjang yang hendak dicapai. Maka tak heran bila Indonesia dinobatkan sebagai negara kelima dengan presentasi jumlah orang dewasa yang memulai bisnis terbanyak di dunia. Fakta inilah yang menjadi angin segar ditengah kegelisahan kita dalam menghadapi bonus demografi kelak.

Semangat Berwirausaha Bersama TM Agung Podomoro
Sumber: CNN.

Sayangnya untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali tantangan yang perlu dihadapi didepan mata. Salah satunya seperti yang pernah dikatakan oleh Sergey Brin, co-founder mesin pencari raksasa Google, dalam salah satu artikel populer di Huffington Post.

That scaling of an infrastructure, that is pretty challenging” – Sergey Brin

Setiap wirausahawan membutuhkan tempat untuk bisa memasarkan produk dan jasa yang ia miliki. Tanpa infrastruktur tersebut, tentu segala kegiatan bisnis dan perdagangan akan mandeg. Dan jika ditanya dimanakah tempat berwirausaha yang paling baik hari ini? Jawabannya ada di Trade Mall (TM) Agung Podomoro.

TM Agung Podomoro bisa disebut sebagai salah satu trade mall paling fenomenal yang ada di Indonesia saat ini. Betapa tidak? Jumlah tenant yang mereka targetkan pada tahun 2017 saja mencapai 30.000 tenants. Urusan pengunjung? Jangan khawatir. Sebab pada bulan September 2017 saja mereka sudah mampu mendapatkan 200.000 sampai 300.000 pengunjung di setiap harinya. Maka sangat wajar apabila mereka mampu meraup transaksi hingga Rp20 Miliar hanya dari sebuah program promosi yang diselenggarakan di tujuh pusat perbelanjaan di Jakarta tahun 2016 silam.

Semangat Berwirausaha Bersama TM Agung Podomoro

Sampai disini mungkin sudah ada yang bertanya-tanya. Bagaimana bisa TM Agung Podomoro tetap berjaya disaat mall perbelanjaan yang lain mulai gulung tikar? Lagipula bukankah online shopping sedang marak-maranya di Indonesia? Apakah TM Agung Podomoro mampu menghadapi gelombang belanja online yang sangat marak tersebut?

Jawabannya ialah karena TM Agung Podomoro senantiasa mengedepankan Pesona 5M, yakni Melihat, Merasakan, Mencoba, Menawar, serta Makan-Minum. “Pesona 5 M (inilah) yang menjadi pengalaman berbelanja langsung di toko (yang) tidak tergantikan,” ungkap Ho Melly Surjani, VP Corporate Marketing Trade Mall Agung Podomoro, dalam sebuah kesempatan wawancara pada bulan Agustus lalu.

Maka secara perlahan TM Agung Podomoro pun bertransformasi. Ia sudah bukan hanya sekedar pusat perbelanjaan dan bisnis, melainkan juga sudah menjadi tempat aktivitas bagi masyarakat dan komunitas. Keunggulan semacam inilah yang membuat TM Agung Podomoro tidak tergoyahkan saat badai e-commerce datang melanda.

Uniknya TM Agung Podomoro tidak hanya menyediakan sarana fisik bagi para tenant-nya, melainkan juga sarana non-fisik dalam bentuk pelatihan. Tercatat TM Agung Podomoro sudah cukup sering melaksanakan kegiatan peningkatan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bagi para tenants terkait bisnis yang mereka jalani. Pelatihan semacam ini tentu perlu dilakukan agar para tenants semakin siap dalam memasuki dunia persaingan global.

Alasan-alasan inilah yang membuat TM Agung Podomoro bisa terus eksis dan mengalami pertumbuhan seiring berjalannya waktu. Kalau bukan karena pengelolaannya yang berkualitas tinggi, mana mungkin TM Agung Podomoro bisa membagi-bagikan hadiah disaat mal perbelanjaan lain terseok-seok menghadapi kebangkrutan. Hadiahnya pun tak tanggung-tanggung. Mulai dari HP Samsung Galaxy J7, sepeda motor, unit apartemen Podomoro Golf View, hingga mobil Toyota Fortuner.

Makin Untung Bersama TM Agung Podomoro
Sumber: merdeka.com

Akhirnya program Belanja Untung pun bukan hanya mendatangkan banyak manfaat bagi para pengunjung, tetapi juga kepada para tenants. Sebab TM Agung Podomoro bukan hanya menyediakan sarana fisik bagi para tenant yang ada, melainkan juga memantik semangat kewirausahaan bagi para pegiat wirausaha di seluruh Indonesia.

Tertarik untuk berkunjung ke TM Agung Podomoro hari ini juga?

 

Disclaimer:

Artikel ini telah diikutsertakan dalam Kontes Blog TM Agung Podomoro 2017 dan berhasil menjadi pemenang favorit (TOP 10) berdasarkan keputusan dewan juri.

2 thoughts to “Gelora Berwirausaha Ala TM Agung Podomoro

  • mashel.me

    Hadiahnya ngga main-main ya TM Agung Podomoro

    Reply
    • ariefardia

      Setuju banget! Hehe

      Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *