solusi-banjir-bandung

Solusi Banjir Kota Bandung

Dua faktor penyebab yang telah saya jabarkan pada artikel sebelumnya merupakan faktor yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Adanya bangunan yang menutupi jalur air merupakan bentuk kurang perhatiannya warga kota Bandung terhadap lingkungan disekitarnya. Sedangkan sampah yang tertahan di selokan dan gorong-gorong mengindikasikan sifat kurang peduli yang masih dimiliki oleh sebagian warga kota Bandung. Maka dari itu saya menawarkan dua buah solusi untuk permasalahan banjir ini.

1. Community Utilization

Warga bergotong-royong membersihkan lumpur sisa banjir Cicaheum. Sumber.

Semenjak Ridwan Kamil menjabat sebagai walikota Bandung, beliau dikenal akrab dengan segala lapisan masyarakat yang ada. Kang Emil, sapaan akrab beliau, juga dikenal baik dalam memberdayakan komunitas-komunitas yang ada di kota Bandung. Kaitannya dengan permasalahan banjir di kota Bandung, alangkah baiknya jika komunitas-komunitas yang ada ini diberdayakan untuk sama-sama mengatasi permasalahan banjir yang ada.

Setiap komunitas yang ada harus ditugaskan untuk menumbuhkan rasa perhatian (awareness) dan kepedulian anggotanya terhadap lingkungan sekitar. Cara menumbuhkembangkan hal ini tentu sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan komunitas masing-masing. Misalnya komunitas pecinta anak bisa mengedukasi anak-anak di kota Bandung, komunitas teater bisa menampilkan pagelaran yang membawa pesan kepedulian lingkungan, komunitas pesepeda bisa melakukan aksi penghijauan, dll.

Karena Bandung adalah kota sejuta komunitas.

Pemberdayaan masyarakat melalui komunitas-komunitas yang ada ini akan menggerakkan masyarakat secara langsung dan secara perlahan menumbuhkan budaya kepedulian terhadap lingkungan pada warga kota Bandung.

2. Bio-agent Utilization

Agen hayati bukan hanya dapat diperuntukkan sebagai bahan makanan tetapi juga dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Termasuk penanganan banjir ini. Dengan penanaman vegetasi yang dapat menyerap air dalam jumlah banyak secara sistematis, tingkat resapan air akan meningkat sehingga genangan air bisa ditunda atau bahkan dihindari.

Keberadaan tanaman sungguh dapat mencegah banjir. Sumber.

Beberapa agen hayati seperti memang memiliki kemampuan semacam ini sehingga solusi tersebut bukan mustahil untuk dilakukan di masa yang akan datang. Pemberdayaan agen hayati ini memang memerlukan kajian yang lebih mendalam lagi supaya dapat diterima oleh warga kota Bandung khususnya pemerintah kota Bandung.

Simpulan

Pada akhirnya permasalahan banjir yang terus terjadi di kota Bandung memang membutuhkan solusi yang cepat dan tepat. Penggunaan agen hayati memang terlihat efektif mengingat kehadiran agen hayati seperti pohon justru memiliki efek kerugian yang kecil.

Akan tetapi kajian yang lebih mendalam terhadap hal ini tentu sangat perlu dilakukan. Hal inilah yang mungkin menyebabkan solusi tersebut tidak bisa diselenggarakan dalam waktu singkat. Oleh karenanya, pemberdayaan masyarakat-lah yang mesti diwujudkan dalam masa sekarang. Sebab masalah yang dibuat oleh manusia juga harus diselesaikan oleh manusia pula.

Leave a Reply

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
%d bloggers like this: